Mobile WA/SMS/Telp. : 0812 8500 0041 - Pin BBM : D48E2B7E fastrafting@gmail.com

Apakah anda sedang mencari informasi tempat rafting di Bandung? Artikel ini akan bermanfaat untuk anda. Rafting atau olahraga arum jeram merupakan olahraga yang menyenangkan, sekaligus menantang. Untuk bisa rafting di bandung, kita perlu memperhatikan kondisi destinasi sungai. Tak semua sungai di Bandung khususnya bisa aman atau cocok dijadikan tempat rafting.

Perhatikan grade atau level jeram sungai sebelum memutuskan untuk memilih tempat rafting. Terlalu dangkal jelas, tak memungkinkan untuk rafting. Begitupula terlalu dalam dan ekstrem pun beresiko untuk memaksakan rafting. Kenali jenis grade yang ada di sungai Bandung, khususnya kabupaten Bandung;

  • Grade 1
    Jeram dengan tingkat kesulitan sungai yang sangat rendah. Sungai dengan grade 1 ini bisa dilewati dengan sangat mudah dan bisa diikuti oleh semua orang sekalipun orang tersebut tak memiliki ketrampilan berenang. Tipikal Sungai grade 1 memiliki sifat sedikit riak, datar dan menurun. Hanya diperlukan manuver dasar agar bisa melewati sungai. Untuk grade 1 ini tak terlalu beresiko jika tak melakukan pemantauan sebelum pelaksanaan. Pada sungai ini resiko sangat kecil dan self rescue dapat dilakukan.
  • Grade 2
    Tingkat jeramnya lebih tinggi dibanding grade 1, selain itu sungai disertai bebatuan. Meskipun tingkat kesulitan jeram meningkat namun sungai memiliki tepi sungai yang lebar dan landai. Dalam grade ini beberapa manuver diperlukan dan sedikit ketrampilan mendayung dasar. Self rescue masih memungkinkan. Cocok untuk arung jeram keluarga dan semua peserta pemula bisa mengikuti kegiatan di grade ini.
  • Grade 3
    Tingkat jeram pada grade3  semakin meningkat dan sulit dibanding grade 1 dan 2. Grade ini memiliki spesifikasi jeram yang tidak beraturan, lebar sungai menyempit dan jeram sesekali dapat membalikkan perahu namun resiko masih relatif kecil. Diperlukan pemantauan serta arahan dari tim pemandu agar bisa melewati jeram ini dengan menyenangkan. Pusaran arus yang kuat dan deras sering ditemukan, terutama pada sungai-sungai besar namun dapat dilewati dengan mudah. Beberapa manuver diperlukan untuk melewati jeram yang sempit. Saat peserta terjatuh dari perahu self rescue masih dapat dilakukan namun untuk memperkecil kemungkinan resiko yang lebih besar, seorang rescuer darat diperlukan pada grade ini.
  • Grade 4, 5 dan 6
    Tingkat jeram di grade 4, 5 dan 6 semakin sulit dan beresiko. Tak cukup mengandalkan tim pemandu, tetapi para peserta haruslah memiliki pengalaman dan keterampilan self rescue (menyelamatkan diri sendiri) yang baik. Di pangalengan kabupaten Bandung, rata-rata kebanyakan grade 2-3 dan ada pula beberapa grade 4.

Bagi pemula, memilih rafting di Bandung adalah pilihan yang sangat tepat. Pertama, grade grade sungainya benar-benar menunjang untuk melakukan rafting dan low risk (resiko rendah)Kedua, lingkungan alam yang sangat asri dan pemandu yang benar-benar profesional akan sangat bisa mewujudkan pengalaman rafting yang menyenangkan. Salah satu tempat rafting di Bandung yang sering dikunjungi adalah pangalengan, disana ada sungai Palayangan dan sungai Cisangkuy.

Cobalah untuk rafting di Bandung bersama keluarga atau rekan-rekan bisnis, pegawai/karyawan di perusahaan anda, atau sahabat-sahabat anda. Jika berminat untuk mencoba rafting di Pangalengan – Bandung, silahkan coba rekomendasi kami; Fast Rafting. Atau untuk lebih detailnya silahkan kontak WA: 0812-8500-0041 PIN BBM D48E2B7E