Mobile WA/SMS/Telp. : 0812 8500 0041 - Pin BBM : D48E2B7E fastrafting@gmail.com

Sesuai judulnya, artikel satu ini akan fokus dalam membahas manfaat rafting dalam kesehatan dan pengembangan diri. Mari kita telaah rafting lebih dekat, apa saja yang terjadi saat kita sedang rafting (arung jeram) ?

Adrenalin terpacu begitu intensif bukan karena ketakukan negatif, melainkan karena serunya track sungai yang dilalui. Dayuhan perahu terus dilakukan secara bersamaan dan saling selaras, komunikasi jelas dalam satu perasaan akan menstimulasi konsentrasi dan kewaspadaan hingga meningkat drastis. Pada akhirnya, rafting memberikan efek terhadap kesehatan dan pengembangan diri (self development) seseorang.

1. Rafting menyehatkan jantung
Jantung akan sehat jika ritme detakannya dihasilkan karena aktivitas atau sesuatu yang menyenangkan. Rafting termasuk aktivitas yang mampu membuat ritme detakan jantung berjalan cepat dan sangat menyehatkan bahkan bisa bisa menghindari penyakit stroke.

2. Rafting menyehatkan paru-paru
Saat kita rafting, udara yang terhirup begitu asri jauh dari polusi dan hirupan nafasnya begitu dalam hingga rongga paru-paru bekerja secara maksimal dengan oksigen yang berkualitas.

3. Rafting menyehatkan otak dan pikiran
Berjuta saraf otak akan mendapatakan stimulasi penyegaran, dan membawa efek pada pikiran yang jernih kembali.

4. Rafting menyembuhkan stress dan depresi
Yang menyebabkan seseorang terkena stress dan depresi sebenarnya bukan karena beratnya beban. Melainkan karena lamanya orang tersebut menahan beban. Misalkan seseorang disuruh mengangkat pulpen, pastilah sangat mudah. Namun jika orang tersebut diminta mengangkat pulpennya sampai 3 jam, dijamin tangannya bisa keram bahkan pingsan. Rafting mampu memecahkan lamanya beban yang dipikul oleh perasaan dan pikiran seseorang.

5. Rafting menguatkan otot-otot persendian
Sebelum rafting sebaiknya lakukan dulu warming up (pemanasan) agar otot sendi tak mengalami shock/keram. Jika itu dilakukan, maka saat kita rafting akan membantu menguatkan otot-otot persendian yang mungkin saja biasa kaku karena aktivitas sehari-hari yang jarang olahraga.

6. Rafting membentuk good attitude
Rafting membuat anda terkondisikan memiliki etika dan sikap yang baik. Sikap-sikap baik itu lebih dijelaskan dalam poin-poin selanjutnya

7. Rafting membentuk jiwa kooperatif
Karena rafting dilakukan secara kolektif (bersama-sama), membuat setiap orang dalam perahu boat meningkatkan jiwa kooperatif (kerjasamanya). Sebab satu sama lain saling memiliki keterikatan dan kebutuhan.

8. Rafting membentuk kemampuan team work yang lebih baik
Kerjasama tim pada akhirnya terasah dan soliditas menjadi kebutuhan akan tercapaiannya tujuan bersama.

9.  Rafting mencairkan kebekuan kepribadian
Manfaat tak terduga, ternyata rafting mampu mencairkan kebekuan kepribadian. Hal tersebut karena orang itu dikondisikan dalam situasi yang memaksa dirinya bereaksi sesuai alur sungai.

10. Rafting melatih keberanian dan kepercayaan diri
Kondisi petualangan arum jeram menstimulus nilai nilai keberanian dan kepercayaan diri, kondisi memaksa itu semua. Jika momen ini bisa dipertahankan dalam ingatannya, orang tersebut akan terlatih keberaniannya. 

11. Rafting melatih jiwa kepemimpinan
Rafting melibatkan beberapa orang, agar bisa melaju sesuai harapan seseorang mesti bisa mempengaruhi orang yang bersamanya di perahu rafting tersebut. Nilai nilai kepemimpinan akan tumbuh.
Jika berminat untuk mencoba rafting atau arung jeram, cobalah rafting di pangalengan, silahkan coba service kami; Fast Rafting. Atau untuk lebih detailnya silahkan kontak WA: 0812 8500 0041 – Pin BBM : D48E2B7E